Potret Pelaksanaan Pembelajaran Hybrid: Upaya Inovasi Pembelajaran Sains Di Masa Penerapan “Belajar Dari Rumahâ€
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3799Abstract
Konsep “Belajar dari Rumah†yang mulai diterapkan dalam rangka mengurangi laju penularan Covid-19 menimbulkan masalah. Salah satu penyebabnya adalah penerapannya mendadak sementara mahasiswa belum terhabituasi dengan pola pembelajaran baru yang umumnya dilakukan secara daring. Oleh karenanya, diperlukan inovasi yang dapat menjadi “Jembatan Penguhubung†dan secara perlahan membiasakan mahasiswa belajar secara full daring dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu inovasi tersebut adalah implementasi pembelajaran hybrid. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan potret pelaksanaan pembelajaran hybrid pada perkuliahan sains di Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Mataram. Penelitian deskriptif ini menggunakan 1 kelas sebagai sampel untuk mendapatkan data. Pengumpulan data yang menggunakan metode dokumentasi dan observasi dilaksanakan selama semester gasal Tahun Akademik 2020-2021. Hasil yang kami temukan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran mencakup enam tahapan. Tahapan-tahapn tersebut adalah (1) memfasilitasi mahasiswa untuk mengisi LHP, (2) memfasilitasi mahasiswa untuk mendokumentasikan hasil pengamatannya dalam bentuk foto atau video, (3) memfasilitasi mahasiswa untuk mengisi LKM, (4) memfasilitasi mahasiswa untuk membuat laporan hasil pembelajaran, (5) memfasilitasi mahasiswa untuk men-submit LHP, LKM, dan laporannya di SPADA UNRAM, dan (6) melaksanakan kegiatan assessment.Downloads
Published
2022-03-05
How to Cite
Syazali, M., & Umar. (2022). Potret Pelaksanaan Pembelajaran Hybrid: Upaya Inovasi Pembelajaran Sains Di Masa Penerapan “Belajar Dari Rumahâ€. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 26–31. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3799
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Umar, Muhammad Syazali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).