Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 152 Rantau Panjang

Authors

  • Yulia Darniyanti Universitas Dharmas Indonesia
  • Lika Apreasta Universitas Dharmas Indonesia
  • Nur Khofifah Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6617

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate).Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan, analisis Karakteristik siswa, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu rancangan instrument, rancangan kerangka, rancangan awal, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran dilakukan di SDN 152 Rantau Panjang. Hasil penilaian validasi bahan ajar Bahasa indonesia berbasis komik pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 89,7%, Termasuk dalam kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 86,5% angket respon guru dan 92% angket respon siswa dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis komik dengan skor rata-rata 88,9% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis komik kelas III SD sangat sesuai dengan ketentuan di SDN 152 Rantau Panjang dan memudahkan siswa memahami pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis komik kelas III dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efek.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Darniyanti, Y., Apreasta, L. ., & Khofifah, N. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 152 Rantau Panjang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 450–461. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6617

Most read articles by the same author(s)