Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14395Abstract
Tujuan dari jurnal ini ialah untuk memperoleh pemahaman yg lebih dalam tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran visual pada anak tuna rungu pada belajar. Selain itu, jurnal ini juga bertujuan untuk menyampaikan saran dan rekomendasi bagi para pendidik serta orang tua dalam memilih dan mengimplementasikan media pembelajaran visual yang tepat bagi anak tuna rungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan diskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan penggunaan langkah-langkah media visual seperti persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lajut ini membantu guru dalam menyampaikan materi dan membuat anak lebih bersemangat untuk belajar pendidikan agama islam. Dengan menggunakan media visual ini membuat anak termotivasi dalam belajar, meskipun masih ada sebagian yang tidak fokus atau masih bermain-main. Setidaknya dengan menggunakan media pembelajaran visual ini bisa membangkitkan semangat belajar bagi anak tunarungu dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
DP, T. T. ., Falina, N. ., Az-zahro, D. A. ., Khofifah, N. ., Nisha, K. ., Kumala Sari, N. I. ., & Antika, R. . (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5440–5445. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14395
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Terza Travelancya DP, Nuril Falina, Dhea Amelia Az-zahro, Nur Khofifah, Khoirun Nisha, Nur Indah Kumala Sari, Reni Antika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).