Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu)

Authors

  • Terza Travelancya DP Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nuril Falina Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Dhea Amelia Az-zahro Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nur Khofifah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Khoirun Nisha Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nur Indah Kumala Sari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Reni Antika Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14395

Abstract

Tujuan dari jurnal ini ialah untuk memperoleh pemahaman yg lebih dalam tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran visual pada anak tuna rungu pada belajar. Selain itu, jurnal ini juga bertujuan untuk menyampaikan saran dan rekomendasi bagi para pendidik serta orang tua dalam memilih dan  mengimplementasikan media pembelajaran visual yang tepat bagi anak tuna rungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan diskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan penggunaan langkah-langkah media visual seperti persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lajut ini membantu guru dalam menyampaikan materi dan membuat anak lebih bersemangat untuk belajar pendidikan agama islam. Dengan menggunakan media visual ini membuat anak termotivasi dalam belajar, meskipun masih ada sebagian yang tidak fokus atau masih bermain-main. Setidaknya dengan menggunakan media pembelajaran visual ini bisa membangkitkan semangat belajar bagi anak tunarungu dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

DP, T. T. ., Falina, N. ., Az-zahro, D. A. ., Khofifah, N. ., Nisha, K. ., Kumala Sari, N. I. ., & Antika, R. . (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5440–5445. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14395