Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Muatan Ipa Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/Viii Bungo Tanjung Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9709Abstract
Penelitian ini berlatar belakang lemahnya pemahaman peserta didik kelas V pada proses pembelajaran IPA, disebabkan kurangnya sumber belajar untuk mata pelajaran IPA serta bahan ajar yang digunakan dalam belajar tidak menarik. LKPD yang digunakan sebelumnya hanya berupa lembaran kertas yang berisi soal-soal latihan saja. Soal latihan tersebut hanya bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik, sehingga belum mampu untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Maka perlunya pengembangan bahan ajar yang dapat menunjang peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya bahan ajar berupa LKPD. Model yang digunakan pada tahap ini yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis): Analisis kurikulum, analisis kebutuhan (kebutuhan pendidik dan peserta didik), analisis karakterististik peserta didik. Design (perancangan): a. Rancangan LKPD bermuatan IPA, b. Rancangan pelaksanaan instrument. Development (pengembangan): Uji Validasi. Implementation (implementasi): Uji praktikalitas dan uji efektifitas. Evaluation (evalusi): temuan, solusi dari ADDI. Instrument penilaian berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Instrument penilaian ini dilakukan oleh tiga validator, validator isi/materi, validator bahasa, dan validator konstruk/media, kemudian lembar praktikalitas.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Darniyanti, Y. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Muatan Ipa Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/Viii Bungo Tanjung Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8543–8557. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9709
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulia Darniyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).