Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin

Authors

  • Yuli Astuti Universitas Dharmas Indonesia
  • Dodi Widia Nanda Universitas Dharmas Indonesia
  • Yulia Darniyanti Universitas Dharmas Indonesia
  • Faradilla Intan Sari Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6563

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa indonesia yang masih belum optimal. Proses pembelajaran belum menggunakan model kooperatif tipe round table. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data diambil dengan memberikan pre-test dan Post-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa. Penelitian dilakukan di SD N 126 Muara Jernih. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2021/2022, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan bahasa Indonesia kelas IV SDN 126 Muara Jernih. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe round tabel terhadap hasil belajar siswa muatan bahasa Indonesia di kelas IV SDN 126 Muara Jernih. Berdasarkan penelitian, bahwa model kooperatif tipe round table dapat memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Model kooperatif tipe round table dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif , serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Astuti, Y., Widia Nanda, D. ., Darniyanti, Y. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 260–266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6563