Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6563Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa indonesia yang masih belum optimal. Proses pembelajaran belum menggunakan model kooperatif tipe round table. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data diambil dengan memberikan pre-test dan Post-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa. Penelitian dilakukan di SD N 126 Muara Jernih. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2021/2022, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan bahasa Indonesia kelas IV SDN 126 Muara Jernih. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe round tabel terhadap hasil belajar siswa muatan bahasa Indonesia di kelas IV SDN 126 Muara Jernih. Berdasarkan penelitian, bahwa model kooperatif tipe round table dapat memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Model kooperatif tipe round table dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif , serta dapat meningkatkan hasil belajar siswaDownloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Astuti, Y., Widia Nanda, D. ., Darniyanti, Y. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 260–266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6563
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yuli Astuti, Dodi Widia Nanda, Yulia Darniyanti, Faradilla Intan Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).