Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Macromedia Flash Pada Keterampilan Menyimak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Lika Apreasta Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10401

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menyimak peserta didik yang masih kurang. Rendahnya kemampuan menyimak menyebabkan peserta didik belum dapat menangkap isi materi pelajaran yang diberikan secara penuh. Kesulitan dalam memilih media yang cocok untuk materi masih dialami oleh pendidik sehingga berpengaruh pada pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan media Pembelajaran Interaktif berbantu Macromedia Flash pada Keterampilan Menyimak untuk siswa kelas V SD yang Valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah Model ASSURE dengan tahap-tahap: (1) analyze learner characteristics, (2) state performance objectives, (3) select methods, media and materials, (4) utilitize materials, (5) requires learner participation, (6) evaluation and revisi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh Validitas media interaktif oleh tim validator ahli yang berjumlah 5 orang, menunjukan bahwa media interaktif memperoleh rata-rata 87,794% (sangat valid). Praktikalitas media interaktif yang dinilai dari angket respon pendidik dan peserta didik terhadap media interaktif yang berjumlah 1 pendidik dan 12 peserta didik kelas V di SDN 53/II Penual memperoleh rata-rata 84,758%  (sangat praktis). Efektivitas media interaktif memperoleh rata-rata 75% (efektif). Sehingga dapat dikatakan dengan efektif digunakannya media interaktif ini pada proses pembelajaran di kelas V SDN 53/II Penual.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Apreasta, L. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Macromedia Flash Pada Keterampilan Menyimak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12138–12145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10401