Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Macromedia Flash Pada Keterampilan Menyimak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10401Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menyimak peserta didik yang masih kurang. Rendahnya kemampuan menyimak menyebabkan peserta didik belum dapat menangkap isi materi pelajaran yang diberikan secara penuh. Kesulitan dalam memilih media yang cocok untuk materi masih dialami oleh pendidik sehingga berpengaruh pada pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan media Pembelajaran Interaktif berbantu Macromedia Flash pada Keterampilan Menyimak untuk siswa kelas V SD yang Valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah Model ASSURE dengan tahap-tahap: (1) analyze learner characteristics, (2) state performance objectives, (3) select methods, media and materials, (4) utilitize materials, (5) requires learner participation, (6) evaluation and revisi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh Validitas media interaktif oleh tim validator ahli yang berjumlah 5 orang, menunjukan bahwa media interaktif memperoleh rata-rata 87,794% (sangat valid). Praktikalitas media interaktif yang dinilai dari angket respon pendidik dan peserta didik terhadap media interaktif yang berjumlah 1 pendidik dan 12 peserta didik kelas V di SDN 53/II Penual memperoleh rata-rata 84,758% (sangat praktis). Efektivitas media interaktif memperoleh rata-rata 75% (efektif). Sehingga dapat dikatakan dengan efektif digunakannya media interaktif ini pada proses pembelajaran di kelas V SDN 53/II Penual.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Apreasta, L. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Macromedia Flash Pada Keterampilan Menyimak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12138–12145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10401
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lika Apreasta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).