Perbedaan Metode Index Card Match dengan Metode Tebak Kata terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang

Authors

  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Tiara Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Een Unaenah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6532

Abstract

Perbedaan Metode Index Card Match dengan Metode Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang" Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Peneliti in bertujuan untuk mengetahui adanya terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA materi sifat benda antara metode Index Card Match dan Metode Tebak Kata Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperime Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang dengan jumlah siswa 30 siswa kelas eksperimen pertama dan 30 siswa kelas eksperimen kedua. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkam dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode Index Card Match dengan metode Tebak Kata Analisis data menggunakan uji 1, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelompok di peroleh nilai Thitung sebesar 2,693, sedangkan Ttabel dengan taraf signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan (dk=58) schmar 2.002 maka dapat dikatakan bahwa Thitung  t table berarti Hipotesis nol (Ho) ditolak Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberikan metode Index Card Match dengan siswa yang diberikan metode Tebal Kata.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Zuliani, R. ., Safitri, T. ., & Unaenah, E. (2022). Perbedaan Metode Index Card Match dengan Metode Tebak Kata terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6566–6570. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6532

Most read articles by the same author(s)