Pengembangan Media Pembelajaran IPA Materi Rangka Manusia Metode Montessori Siswa Kelas V SD Negeri Binong II Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang

Authors

  • Afifah Agustya Rizkyani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Een Unaenah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • M. Azdi Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6648

Abstract

Metode pada penelitian ini adalah metode R&D atau Research and Development dengan model pegembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Difine, Design, Develop, Disseminate. Hasil penelitian dan penembangan ini menunjukkan tingkat kevalidan dari ahli materi yaitu 3,6 dan tingkat kevalidan dari ahli media yaitu 3,9 dengan kriteria baik dan layak digunakan. Adapun tingkat kepraktisan penilaian dari ahli Pendidikan yaitu 3,8 atau setuju dan tingkat kepraktisan menurut respon siswa yaitu 3,47 atau Sangat Praktis. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang di buat peneliti layak dan praktis digunakan.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Rizkyani, A. A. ., Unaenah, E. ., & Azdi, M. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Materi Rangka Manusia Metode Montessori Siswa Kelas V SD Negeri Binong II Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 573–581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6648