Analisis Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Perilaku Bullying Verbal pada Siswa SMP N 16 Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11502Abstract
Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana faktor teman sebaya, dan faktor media massa sehingga menyebabkan timbulnya perilaku Bullying dikalangan peserta didik. Manfaat penelitian ini membantu orang tua dan sekolah dalam menanggulangi kasus Bullying Verbal yang terjadi dikalangan peserta didik ditinjau dari faktor penyebabnya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti mengambil data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah peserta didik yang pernah menjadi pelaku dan teman dekat dari pelaku, dan orang tua dari pelaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor teman sebaya menjadi penyebab timbulnya perilaku Bullying Verbal di kalangan peserta didik, karena tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh anggota kelompok teman sebayanya dan meniru perilaku negatif dari teman-teman nya karena di kalangan bermain nya hal seperti itu sudah dibiasakan. (2) faktor media massa menjadi penyebab timbulnya perilaku Bullying Verbal di kalangan peserta didik, karena adanya penyalahgunaan media sosial sebagai media dimana hobi partisipan yang suka menonton hal-hal kekerasan yang ditonton nya dan meniru perilaku tersebutDownloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Mulki, M. ., Nelyahardi, N., & Wahyuni, H. . (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Perilaku Bullying Verbal pada Siswa SMP N 16 Kerinci. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3231–3238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11502
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mahzar Mulki, Nelyahardi, Hera Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).