Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi

Authors

  • Mitha Nurfajarni Universitas Jambi
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi
  • Hera Wahyuni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8630

Abstract

Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing selain dapat membantu peserta didik untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri konseli (siswa), siswa dapat memperbaiki dan mengembangkan pemahaman diri dan pemahaman diri dan pemahaman orang lain juga dapat membantu guru BK meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini dibatasi pada Layanan Bimbingan kelompok untuk Konsep Diri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Layanan bimbingan kelompok yang digunakan hanya dengan Teknik role playing dan penelitian hanya berfokus pada siswa VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen yang melaksanakan suatu perlakuan terhadap subjek tertentu dan tidak memberi perlakuan pada subjek lainnya pada kelompok kontrol. hasil instrument tes pada pre-test awal memperoleh skor 101,8 termasuk dalam kategori rendah dengan rentang skor 72-103, pada post-test meningkat menjadi 147,2 termasuk dalam kategori tinggi dengan rentang skor 136-167.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Nurfajarni, M. ., Gutji, N. ., & Wahyuni, H. . (2022). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2715–2721. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8630

Most read articles by the same author(s)