Dasar Kebutuhan Pengembangan Instrumen Deteksi Dini Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 6 Tahun

Authors

  • Anisa Furwani furwani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5977

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dasar kebutuhan pengembangan instrumen deteksi dini terhadap perkembangan sosial anak usia 6 tahun. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Kober Bina Umat di Kabupaten Tasikmalaya guru belum berkesempatan mengembangkan instrumen deteksi dini perkembangan anak. Instrumen deteksi dini perkembangan yang digunakan oleh guru lebih ke instrumen deteksi dini perkembangan secara umum belum ada yang khusus untuk perkembangan sosial anak usia 6 tahun dan para orang tua yang belum mengetahui cara mendeteksi perkembangan anak. penelitian ini menggunakan metode EDR (Educational Design Research) model McKenney dan Reaves pada tahap pertama yaitu eksplorasi dan analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kepada orang tua anak yang memiliki anak usia 6 tahun dan guru kelas B Kober Bina Umat. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil eksplorasi dan analisis peneliti menarik kesimpulan bahwa perlu adanya pengembangan instrumen deteksi dini perkembangan sosial anak usia 6 tahun.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

furwani, A. F., Sumardi, S., & Sianturi, R. . (2022). Dasar Kebutuhan Pengembangan Instrumen Deteksi Dini Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3043–3046. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5977

Most read articles by the same author(s)