Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembelajaran Supportive Climate
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5967Abstract
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini akan membahas : (1) bagaimana perkembangan sosial-emosioanal anak, (2) Pembelajaran Supportive Climate. Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting bagi anak. Dalam pengembangannya butuh stimulasi yang tepat dan baik. Salah satunya ialah dengan merancang atau menciptakan suatu lingkungan yang aman,nyaman atau bisa disebut dengan lingkungan kondusif bagi anak. Lingkungan yang kondusif sangat membantu dalam memgembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak, salah satunya ialahperkembangan aspek sosial-emosional. Aspek sosial dan aspek emosional merupakan satu kesatuan yang saling berkesinambungan. Dalam menggunakan metode pembelajaran Supportive Climate, guru terlebih dahulu harus memahami aspek perkembangan, mengenal bagaimana emosi anak, bagaimana cara anak belajar, bagaimana cara anak besosialisasi, bagaimana tingkah laku anak ketika dihadapkan pada suatu permaslahan, hal ini bertujuan agar guru dapat menciptakan situasi pembelajaran yang menarik bagi anak dan cenderung tidak membosannkan atau membuat anak tertekan yang menyebabkan anak akan menjadi tidak fokus dalam pembelajaran dan anak akan memberontak. Kata Kunci: Perkembangan Sosial Emosional, lingkungan pembelajaran, Suppotive Climate.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Elan, E., Sumardi, S., & Maharani Dewi, L. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembelajaran Supportive Climate. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2982–2986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5967
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lucky Maharani Dewi, Elan Elan, Lucky Maharani Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).