PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Taopik Rahman Rahman UPI Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi UPI Tasikmalaya
  • Deska Dwi Cahyani UPI Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.894

Keywords:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 pada lingkup perkembangan fisik motorik. Di dalam Permendikbud No 137 tahun 2014 tersebut terdapat Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 pada lingkup perkembangan fisik motorik. Di dalam Permendikbud No 137 tahun 2014 tersebut terdapat Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 tahun pada aspek fisik motorik yang dapat dikategorikan pada gerak lokomotor dan manipulative. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Merpati Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar diantaranya mendeskripsikan kemampuan gerak lokomotor dan gerak manipulatif. Pendekatan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tujuan untuk menguji teori tentang variabel kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan seluruh anak kelompok A yang berjumlah 13 anak. Alat pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini bahwa 1) kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di TK Merpati Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis termasuk dalam kategori berkembang sesuai harapan terdapat 5 anak dengan persentase 38.46% dan untuk kategori berkembang sangat baik terdapat 8 anak dengan persentase 61.54%, 2) kemampuan gerak manipulatif anak usia 4-5 tahun di TK Merpati Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis termasuk dalam kategori mulai berkembang terdapat 2 anak dengan persentase 15.39%, kemudian ketegori berkembang sesuai harapan terdapat 2 anak dengan persentase 15.39% dan untuk kategori berkembang sangat baik terdapat 9 anak dengan persentase 69.23%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Barbara dan Carol. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks

Beauty JJ. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenademedia Group

Bullock, Daniel dkk. (1989). Sensory-Motor Organizations and Development in Infancy and Early Childhood. London : Kluwer Academic Publishers

Chamidah A . (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembanagn Anak. V (2), hlm 91.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di taman Kanak-kanak. Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Grossberg, Stephen. (1986). Advances In Psychology 30. U.S.A : Elsevier Science Publishers B.V.

J, T dan J, J. (2000). Growth, pshycal activity, and motor development in prepubertal children. London: CRC Press

Karri, Silventoinen. (2014). Association Between Physical and Motor Development in Childhood: A Longitudinal Study of Japanese Twins XVII (10). Kindergarten Entry In Urban Disadvantaged Children. II (1), hlm. 96

Kurtz, L.A. (2008). Understandingmotor skills in children with dyspraxia, adhd, autism and other learning disabilities. London : Jessica Kengsley Publishes

Nurani, Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks

Pagani, L. (2012). Links Between Motor Skills And Indicators Of School Readiness At Permendiknas No 137 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Anak Usia 4-5 Tahun

Permendiknas No 14 Tahun 2014 tentang Indikator Pencapaian Perkembangan

Rishmayanti C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani . IX (1), hlm. 65.

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sujiono, Bambang. (2012). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Rahman, T. R., Sumardi, S., & Cahyani, D. D. (2020). PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.894

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)