Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas III pada Diskusi Pembelajaran Pkn SD

Authors

  • Mifta Huljannah Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5507

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah pembelajaran PKn SD, pelaksanaan diskusi pembelajaran PKn SD, dan perilaku akademik siswa dan tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pembelajaran PKn SD, pelaksanaan metode diskusi PKn SD dan perilaku akademik siswa selama diskusi pembelajaran PKn, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif dan hasil penelitian ini yaitu siswa SD Negeri 2 Berkat ada beberapa penemuan klarifikasi perilaku siswa selama diskusi pembelajaran berlangsung ialah : siswa penurut, siswa pemalu, siswa bekerja sama, siswa percaya diri, siswa berinisiatif, siswa emosional, dan siswa mencari perhatian. Pada SD Negeri 2 Berkat dapat disimpulkan bahwa metode diskusi yang efektik bagi siswa. Hal ini dpaat dilihat dari perolehana skor terkelompok dalam skala “baik”. dari hasil penelitian ini disarankan untuk guru dapat mengembanagkan metode diskusi yang dapat membentuk perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Huljannah, M. ., Misdalina, M. ., & Nurhasana, . P. D. . (2022). Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas III pada Diskusi Pembelajaran Pkn SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1592–1596. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5507

Most read articles by the same author(s)