Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas III pada Diskusi Pembelajaran Pkn SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5507Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah pembelajaran PKn SD, pelaksanaan diskusi pembelajaran PKn SD, dan perilaku akademik siswa dan tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pembelajaran PKn SD, pelaksanaan metode diskusi PKn SD dan perilaku akademik siswa selama diskusi pembelajaran PKn, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif dan hasil penelitian ini yaitu siswa SD Negeri 2 Berkat ada beberapa penemuan klarifikasi perilaku siswa selama diskusi pembelajaran berlangsung ialah : siswa penurut, siswa pemalu, siswa bekerja sama, siswa percaya diri, siswa berinisiatif, siswa emosional, dan siswa mencari perhatian. Pada SD Negeri 2 Berkat dapat disimpulkan bahwa metode diskusi yang efektik bagi siswa. Hal ini dpaat dilihat dari perolehana skor terkelompok dalam skala “baik”. dari hasil penelitian ini disarankan untuk guru dapat mengembanagkan metode diskusi yang dapat membentuk perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Huljannah, M. ., Misdalina, M. ., & Nurhasana, . P. D. . (2022). Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas III pada Diskusi Pembelajaran Pkn SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1592–1596. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5507
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mifta Huljannah, Misdalina Misdalina, Putri Dewi Nurhasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).