Strategi Guru Mengajar menggunakan Metode Iqro di SD Padmajaya Palembang

Authors

  • Tri Susanah Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5508

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahuinya srategi guru mengajar menggunakan metode Iqro di SD Padmajaya Palembang dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam ujian ini adalah teknik subjektif dengan metodologi yang jelas. Sumber informasi penelitian bersumber dari kepala dan instruktur. Prosedur bermacam-macam informasi penelitian ini meliputi: (1) Persepsi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Strategi pemeriksaan informasi dianalisis secara kualitatif: (1) penurunan informasi; (2) menunjukkan informasi: (3) verifikasi data/menyimpulkan. Konsekuensi dari penelitian ini masuk akal dari itu: stategi guru mengajar menggunakan metode iqro di SD Padmajaya Palembang sudah baik, dimana gúru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara menulis di papan tulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Guru menulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca di atas kertas kartun dan di eja oleh siswa. Guru mengucapkan kata untuk mengenalkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Siswa mengikuti apa yang diucapkan oleh guru. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengulangi setiap huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Selanjutnya hambatan yang dialami kurangnya dukungan yayasan di SD Padmajaya Palembang, seperti alat peraga (Kit Bahasa, Kit IPS, Kit IPA). Perilaku siswa di kelas II masih sangat ke kanak-kanakan. Siswa masih ada yang malu (diam) saat di suruh guru untuk menyebutkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Susanah, T. ., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Strategi Guru Mengajar menggunakan Metode Iqro di SD Padmajaya Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1582–1591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5508

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>