Strategi Guru Mengajar menggunakan Metode Iqro di SD Padmajaya Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5508Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahuinya srategi guru mengajar menggunakan metode Iqro di SD Padmajaya Palembang dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam ujian ini adalah teknik subjektif dengan metodologi yang jelas. Sumber informasi penelitian bersumber dari kepala dan instruktur. Prosedur bermacam-macam informasi penelitian ini meliputi: (1) Persepsi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Strategi pemeriksaan informasi dianalisis secara kualitatif: (1) penurunan informasi; (2) menunjukkan informasi: (3) verifikasi data/menyimpulkan. Konsekuensi dari penelitian ini masuk akal dari itu: stategi guru mengajar menggunakan metode iqro di SD Padmajaya Palembang sudah baik, dimana gúru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara menulis di papan tulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Guru menulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca di atas kertas kartun dan di eja oleh siswa. Guru mengucapkan kata untuk mengenalkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Siswa mengikuti apa yang diucapkan oleh guru. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengulangi setiap huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Selanjutnya hambatan yang dialami kurangnya dukungan yayasan di SD Padmajaya Palembang, seperti alat peraga (Kit Bahasa, Kit IPS, Kit IPA). Perilaku siswa di kelas II masih sangat ke kanak-kanakan. Siswa masih ada yang malu (diam) saat di suruh guru untuk menyebutkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Susanah, T. ., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Strategi Guru Mengajar menggunakan Metode Iqro di SD Padmajaya Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1582–1591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5508
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tri Susanah, Misdalina Misdalina, Noviati Noviati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).