Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Pada Materi Dongeng Kelas IV SD

Authors

  • Wafiq Nur Fadilla Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5615

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran boneka tangan pada materi dongeng kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research And Development (RnD). Penulisan ini menerapkan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Padmajaya Palembang sedangkan sampel dalam penelitian adalah 5 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan penelitian bahwa media pembelajaran media boneka tangan dibuktikan melalui skor penilaian ahli materi dengan presentase 100%, dan skor ahli media dengan presentae 100%. Dari penilaian validasi ahli maka media pembelajaran boneka tangan dikategorikan sangat valid sedangkan kepraktisan media boneka tangan dibuktikan bahwa dari angket tanggapan guru diperoleh skor dengan presentase 97.14% dan angket repon peserta didik diperoleh dengan skor presentase 95.32%. dari nilai kepraktisan maka media pembelajaran boneka tangan dikategorikan sangat praktis.pada keefektifan media pembelajaran boneka tangan dari nilai postest peserta didik maka diperoleh skor dengan presentase 93% dan dikategorikan sangat efektif.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Fadilla, W. N., Misdalina, M., & Nurhasana, P. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Pada Materi Dongeng Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1813–1818. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5615

Most read articles by the same author(s)