Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang

Authors

  • Kiky Yolanda Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Novianti Novianti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5552

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran problem based  learning  terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 35 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 35 Palembang sebanyak 110 orang. Populasi dilanjutkan dengan dipilih sampel yang berjumlah 55 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel X problem based learning dan variabel Y hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes sebagai data primer wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil analisis dihasilkan nilai signifikan adalah 0,000 < ? (? = 0,05) dan thitung > ttabel  atau 3,777 > 2,00, maka tolak Ho dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan ­­­ada pengaruh signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 35 Palembang.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Yolanda, K. ., Misdalina, M. ., & Novianti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1790–1796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5552