Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5552Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 35 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 35 Palembang sebanyak 110 orang. Populasi dilanjutkan dengan dipilih sampel yang berjumlah 55 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel X problem based learning dan variabel Y hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes sebagai data primer wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil analisis dihasilkan nilai signifikan adalah 0,000 < ? (? = 0,05) dan thitung > ttabel atau 3,777 > 2,00, maka tolak Ho dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 35 Palembang.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Yolanda, K. ., Misdalina, M. ., & Novianti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1790–1796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5552
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kiky Yolanda, Misdalina Misdalina, Novianti Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).