Analisis Kesulitan Soal AKM dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Taksonomi Solo

Authors

  • Lifia Sulistiowati Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Kustiana Arisanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5305

Abstract

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualiatatif yang digunakan untuk mendeskripsikan adanya kesulitan memecahkan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang dihadapi oleh siswa SMP Negeri 1 Gading kelas VIII, yang berupa geometri dan pengukuran, relasi dan fungsi, rasio dan proporsi, yang merupakan data dan ketidakpastian. Analisis data ini menggunakan tes tulis soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan wawancara. Pengambilan sampel pada teknik pengumpulan data yang digunakan pada  penelitian ini menggunakan sebanyak 5 siswa, karena akan dinilai berdasarkan Taksonomi SOLO. Taksonomi Solo Terdapat 5 macam penilaian, yaitu Prestruktural, Unistruktural, Multistruktural Relasional, dan Extented Abstrak. Cenderung melakukan kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam konsep dan dalam prinsip merupakan kesalahan pada level prestruktural. Sedangkan pada tingkat unistruktural biasanya melalakukan kesalahan dalam melaksanakan dan meyelesaikan rencana dan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Jika tidak ditemukan kesalahan dalam memecahkan masalah, berarti merupakan subjek pada tingkat relasional dan extented abstrak

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Sulistiowati, . L. ., Arisanti, K. ., & Lestari, W. . (2022). Analisis Kesulitan Soal AKM dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Taksonomi Solo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 702–708. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5305

Most read articles by the same author(s)