Analisis Kesulitan Siswa MA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Self-Efficacy Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5264Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat Sel-Efficacy atau kepercayaan diri siswa MA dalam menyelesaikan soal AKM dan bagaimana kesulitan siswa MA dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling yaitu 3 orang, 1 orang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, 1 orang memiliki tingkat kepercayaan sedang, dan 1 orang memiliki tingkat kepercayaan rendah. Pada penelitian ini menggunakan instrumen tes soal AKM, angket kepercayaan diri siswa, serta wawancara. Angket kepercayaan diri dikelompokkan berdasarkan pengelompokan kepercayaan diri siswa. Tes soal AKM dianalisis berdasarkan indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal. Wawancara dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan tinggi hanya 1 siswa, 7 siswa mempunyai tingkat kepercayaan diri sedang, dan sisanya 17 siswa mempunyai tingkat kepercayaan diri rendah. Pada hasil penelitian siswa dengan kepercayaan diri yang tinggi mengalami kesulitan dalam menyusun penyelesaian soal. Siswa dengan kepercayaan diri yang sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal,memahami rumus yang digunakan,dan juga belum terfokus dengan materi yang di jelaskan guru. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah merasa tidak yakin atas pekerjaannya dalam menyelesaikan soal,namun jawaban yang telah di peroleh bernilai benarDownloads
Published
2022-07-07
How to Cite
Aziziyah, M. ., Quthny, A. Y. A. ., & Lestari, W. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa MA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 473–479. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5264
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Masfiyatul Aziziyah, Abu Yazid Adnan Quthny, Wahyu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).