Nilai Nilai Kepemimpinan Propetik Peserta Didik Pada Pembelajaran New Normal (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak)

Authors

  • Muhammad Toha Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Kustiana Arisanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ahmad Khumaidi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6687

Abstract

Dalam  pandangan  agama  Islam, kepemimpinan bukan merupakan suatu bentuk legitimasi jabatan semata yang diberikan oleh orang lain kepada orang yang dipercaya .Namun lebih dari itu,agama Islam memandang bahwa kepemimpinan merupakan salah satu bentuk fitrah yang Allah SWT berikan kepada  manusia selaku hamba-Nya untuk mampu memimpin diri sendiri, orang lain, bahkan alam semesta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan nilai-nilai kepemimpinan propetik pada diri peserta didik yang di analisis melalui tipologi kepemimpinan propetik Nabi Muhammad SAW yang meliputi aspek shiddiq, amanah,tabligh,dan fathanah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif yang berjenis instrumental case study  yang di dekati dengan menggunakan teknik wawancara serta observasi.Berdasarkan hasil pengamatan yang telah di lakukan, pelaksanaan nilai-nilai kepemimpinan propetik pada peserta didik MA Nahdlatul Ulama secara keseluruhan sudah mengarah kepada tipologi kepemimpinan propetik Nabi Muhammad SAW.Nilai kepemimpinan propetik yang tampak pada diri peserta didik selama masa pembelajaran new normal dapat di lihat melalui nilai jujur, nilai responsible, dan nilai integritas menjadi kunci aspek shiddiq.Nilai tanggung jawab, nilai disiplin,serta nilai visioner, untuk aspek amanah.Nilai relationship,nilai keberanian,serta nilai terbuka (openminded) menjadi kunci aspek tabligh.Adapun nilai kecerdasan emosi,nilai kecerdasan intelektual,serta nilai kecerdasan spiritual menjadi kunci aspek fathanah yang ada pada diri peserta didik selama melaksanakan pembelajaran akidah.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Toha, . . M. ., Arisanti , K. ., & Khumaidi , . A. (2022). Nilai Nilai Kepemimpinan Propetik Peserta Didik Pada Pembelajaran New Normal (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 775–782. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6687

Most read articles by the same author(s)