Penerapan Metode Pakem Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi

Authors

  • Ardi Nur Hanafi Universitas Jambi
  • Ervina Septiwi Universitas Jambi
  • Wella Mada S Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4305

Abstract

Metode dan strategi pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Metode pembelajaran PAKEM memberikan merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif karena melibatkan keaktifan peserta didik yang membuat peserta didik lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan peserta didik mulai dari latar belakang peserta didik, tingkat kemampuan metakognitif peserta didik, emosional peserta didik, dan motivasi peserta didik. Peserta didik yang memiliki pemahaman yang tinggi dengan peserta didik yang memiliki pemahaman yang lebih rendah memiliki batas-batas tingkat pemahaman yang berbeda pula peserta didik memiliki pemahaman yang sangat rendah. Pengetahuan sebelumnya yang telah didapatkan merupakan salah satu indikator tingkat pemahaman peserta didik. Sehingga pemantauan dalam pembelajaran untuk peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman tinggi dan tingkat pemahaman rendah berbeda pula. Kemampuan pemahaman peserta didik dapat diukur dengan tingkat pemahaman peserta didik dalam membaca. Pemahaman peserta didik yang tinggi akan mempercepat proses pemahaman dalam memahami suatu ilmu dari sumber informasi dan mempercepat pemahaman dalam bidang keterampilan pula. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik.  

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Hanafi , A. N. ., Septiwi, E. ., S, W. M. ., & Noviyanti, S. . (2022). Penerapan Metode Pakem Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 278–282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4305

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>