Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13/I Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4321Abstract
Pemanfaatan media dalam pembelajaran sangat membantu untuk mengatasi hambatan tersebut. Media mampu menyajikan konsep secara utuh dan benar, khususnya pada materi pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran IPA diharapkan akan mempengaruhi kelancaran proses mengajar. Penggunaan media yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses pembelajaran. Media dapat mempermudah proses belajar siswa sehingga lebih cepat memahami materi yang dijelaskan dan dapat memaksimalkan hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SDN13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V SDN 13/I Muara Bulian.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitimaka dapat dijelaskan bahwa guru terampil dalam menggunakan media pembelajaran seperti media E-pen Elektronik, kartu, VCD dengan menggunakan bantuan leptop dan juga buku dan papan tulis, dan beliau dapat menggunakanya dengan baik dan benar, serta dapat difahami oleh siswa.Jadi media inilah yang dipakai pada materi pembelajaran IPA, karena untuk media seperti buku dan papan tulis sudah tersedia di dalam kelas, dan siswa memiliki buku pelajaran IPA, sedangkan untuk media seperti kartu, E-pen Elektronik, dan VCD. Mudah untuk dibawa kedalam kelas. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan di Bab IV, peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan gurudalam memanfaatkan media pembelajaran IPA kelas V SDN13/I Muara Buliansudah mampu dan terampil dalam menggunakan beberapa media pembelajaran yang tersedia. Akan tetapi untuk penggunaan media seperti televisi dan VCD player tidak pernah digunakan, hal ini bukan hanya dikarenakan kekurangmampuan guru dalam mengopersikannya tetapi juga karena tidak lengkapnya software yang dibutuhkan.Downloads
Published
2022-05-20
How to Cite
Maulana, I. ., Metriani, L. P. ., Ouralita, S. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 380–386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4321
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irsyad Maulana, Leoni Putri Metriani, Silvi Ouralita, Syahrial, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).