Penerapan Pendekatan Siantifik di Kelas VI SDN 29/1 Terusan Muaro Sero Ilir

Authors

  • Nandita Sekar Sari Universitas Jambi
  • Dwi Suryadi Universitas Jambi
  • Shaqila Meitha Hasanah Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4372

Abstract

Pada penelitian ini, penulis akan mendeksripsikan bagaimana Penerapan Pendekatan sanitigik dikelas V di SDN 29/1 Terusan. Pada pembelajaran tematik disekolah dasar tentunya memakai kurikulum  K13 denggan mengunakkan pendekatan saintifik dalam pembelajarannya. Pendekatan pembelajaran merupakan cara berpikir sebagai seorang pendidik pada proses pembelajaran yang menunjukkan terjadinya proses umum pada belajar. Pendekatan saintifik pada pembelajaran menerapkan lima keterampilan ilmiah dalam pembelajaran yaitu keterampilan mengamati (observasing), menaya ( questioning), mencoba/ mengumpulkan informasi (experimenting), mengasosiasi/menalar (associanting), dan mengkomunikasikan hasil temuan (networking). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak kesalahan dalam melaksanakan pendekatan saintifik disekolah dasar. Dapat simpulkan bahwa penelitian ini, ingin memperlihatkan bahwa 1. Bagaimana dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik dikelas VI?, 2. Apa saja kendala dalam melaksanakan pembelajaran berbasis saintifik?.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Sari, N. S. ., Suryadi, D. ., Hasanah, S. M. ., & Noviyanti, S. . (2022). Penerapan Pendekatan Siantifik di Kelas VI SDN 29/1 Terusan Muaro Sero Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 511–515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4372

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>