Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SDN 211/IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4334Abstract
Pendekatan saintfik merupakan pendekatan yang harus diterapkan pada kurikulum 2013. Terdapat 5 langkah pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan. Setiap guru mempunyai cara yang berbeda dalam mengimplementasikan 5 langkah tersebut. Guru kelas memiliki cara yang unik saat mengimplementasikan langkah-langkah tersebut. Selain itu guru telah menggunakan penilaian autentik untuk menilai proses belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV SD Negeri 211/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 211/IV Kota Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah guru telah melaksanakan sebelas indikator yang ada pada pendekatan saintifik dan melakukan kelima langkah pendekatan saintik.Downloads
Published
2022-05-20
How to Cite
Chaerunisa, F. ., Ifsyaussalam, R. A. ., Maharani, T. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SDN 211/IV Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 450–457. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4334
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitha Chaerunisa, Rizqi Alif Ifsyaussalam, Tiara Maharani, Syahrial, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).