Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4289Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran komik pendidikan dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran khusus komik pendidikan di SD. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap materi dalam buku teks dan sulit memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik pendidikan berorientasi children learning in science pada muatan IPA kelas IV SDN 13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi dan uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam pengembangan komik adalah 3 orang ahli, 3 siswa pada tahap uji perorangan, dan 9 siswa pada tahap uji kelompok kecil. Hasil pengujian menunjukkan bahwa validitas aspek isi komik sebesar 92,3% (sangat baik), validitas aspek desain 94,2% (sangat baik, validitas aspek media 95,5% (sangat baik). Hasil uji perorangan dan kelompok kecil diperoleh 91,7% (sangat baik) dan 91,3% (sangat baik). Dengan demikian komik pendidikan berorientasi children learning in science dinilai sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran muatan IPA di kelas IV SDN 13/I Muara Bulian.Downloads
Published
2022-05-18
How to Cite
Nurlaila, . P. ., Agustin, S. P. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 179–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4289
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Nurlaila, Salma Pratiwi Agustin, Syahrial, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).