PENGEMBANGAN FLASH CARD ANGKA TRILINGUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGENALAN LAMBANG BILANGAN USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Tri Astuti UPI Kampus Tasikmalaya
  • Elan Elan UPI Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.365

Keywords:

Flash CardAngka, trilingual, kearifan lokal, lambang bilangan

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran analisis kebutuhan dalam Pengembangan Flash Card Angka Trilingual Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Lambang Bilangan Usia 4-5 Tahun, 2) mengetahui rancangan Pengembangan Flash Card Angka Trilingual Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Lambang Bilangan Usia 4-5 Tahun, 3) mengetahui proses uji coba Pengembangan Flash Card Angka Trilingual Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Lambang Bilangan Usia 4-5 Tahun, 4) mengetahui refleksi dari Pengembangan Flash Card Angka Trilingual Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Lambang Bilangan Usia 4-5 Tahun. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode design based research. Penelitian dilakukan di dua sekolah yaitu TK Cendrawasih 2, dan TK Cendrawasih 1. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket, expert judgement, dan dokumentasi.Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba pertama diikuti oleh 10 anak kelompok A TK Cendrawasih 2. Berdasarkan hasil uji coba produk, produk memerlukan beberapa perbaikan. Uji coba kedua diikuti oleh 8 anak kelompok A TK Cendrawasih 1. Berdasarkan hasil uji coba dilakukan refleksi terhadap produk. Hasil refleksi menunjukan nahwa produk dapat digunakan sebagai alternative media pembelajaran, yang memberi kemudahan kepada guru untuk menyampaikan materi mengenai pengenalan lambang bilangan secara variatif melalui Flash Card yang dipadukan dengan unsur-unsur kearifan lokal. Produk akhir berupa Flash Card Angka Trilingual Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Lambang Bilangan Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak.

References

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Panduan Seri Model

Pembelajaran di TK. Jakarta: Depdiknas.

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Kamus Lengkap. (2018). Trilingual. [Online] Diakses dari http//:kamuslengkap.id/kamus/inggr is-indonesia/arti-kata/trilingual/ Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research: a Theoretical Framework for Action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia

Kampus Tasikmalaya. Peraturan Gubernur Jawa Barat. (2013).

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 Tentang

Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Pada Jenjang

Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Pergub. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Peraturan Pemerintah Pendidikan dan

Kebudayaan No 137 tahub 2014 tentang Standar Nasional

Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. (2019). Pengembangan MediaPembelajaran Flash Card Berbasis

Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini di Taman Kanakkanak Negeri Idhata Bantaeng.(Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Susilana, R & Cepriyana.(2009). Media Pembelajaran.

Sya’ban. (2005). Teknik analisis data penelitian. Jakarta Timur:

UHAMKA.

Syahri, D. Inilah Strategi Agar Anak Menjadi Bilingual Bahkan

Multilingual. [Online] Diakses http//:id.theasianparent.com/membe

sarkan-anak-bilingual-multilingual

Tim Kartu Baca Flash Card. (2014). Metode Belajar Membaca dari Glen

Doman. [Online] Diakses dari dari http//:www.kartubacaflashcard.com/

metode-belajar-membaca-dari-glendoman. htm

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahono. (2016). Design Inovasi Media Flash Card Mahasiswa PGPAUD

Umsurabaya untuk Menanamkan Konsep Membilang Angka 1-9 pada

Anak Usia Dini. (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surabaya, Surabaya.

Wikipedia.Kearifan Lokal. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/kearifa n_lokal

Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Astuti, T., Elan, E., & Rahman, T. (2019). PENGEMBANGAN FLASH CARD ANGKA TRILINGUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGENALAN LAMBANG BILANGAN USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 84–92. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.365

Issue

Section

Articles