Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma’arif Bandar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828Keywords:
Pendekatan Kontekstual, Pemecahan Masalah MatematikaAbstract
Pendidikan adalah hal yang utama yang menjadi peran penting bagi kehidupan anak di Indonesia. Dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh seorang siswa. Namun beberapa hal masih menjadi penghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diantaranya adalah kurangnya pemahaman terhadap materi-materi yang tidak disukai oleh siswa. Pelajaran matematika masih menjadi pembelajaran yang kurang disukai oleh siswa sehingga dalam proses pembelajarannya siswa kurang mampu memahami konsep dan pemecahan suatu masalah matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemahaman dan pemecahan soal matematika. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas MTs Ma’arif Bandar sebagai subjek yang akan menerima tindakan. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan dua cara yaitu tes tulis pada siswa dan melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual kepada siswa kelas VII SMP Negeri Bandar sangat mempengaruhi pemahaman dan pemecahan masalah matematika.References
Haryani, D. (2011). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN
PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional
Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 121-126.
Kadir, A. (2013). KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH. Dinamika Ilmu, 17-38. Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Set, Y. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING. Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 150-160.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF
(GENERATIVE LEARNING) DI SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 166-175.
Rambe Arjuna Yahdil Fauza , A. Y., & Afri, L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. AXIOM JURNAL PENDIDIKAN & MATEMATIKA, 175-187.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 148
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elzra Melasevix, Haidar Ali Asnawi, Jam Jalani Nur Alami, Ika Hidayatul Masynuah, Ridho Arianto Nanda Putra, Darmadi Darmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).