Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma’arif Bandar

Authors

  • Elzra Melasevix Universitas PGRI Madiun
  • Haidar Ali Asnawi Universitas PGRI Madiun
  • Jam Jalani Nur Alami Universitas PGRI Madiun
  • Ika Hidayatul Masynuah Universitas PGRI Madiun
  • Ridho Arianto Nanda Putra Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Pendidikan adalah hal yang utama yang menjadi peran penting bagi kehidupan anak di Indonesia. Dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh seorang siswa. Namun beberapa hal masih menjadi penghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diantaranya adalah kurangnya pemahaman terhadap materi-materi yang tidak disukai oleh siswa. Pelajaran matematika masih menjadi pembelajaran yang kurang disukai oleh siswa sehingga dalam proses pembelajarannya siswa kurang mampu memahami konsep dan pemecahan suatu masalah matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemahaman dan pemecahan soal matematika. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas MTs Ma’arif Bandar sebagai subjek yang akan menerima tindakan. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan dua cara yaitu tes tulis pada siswa dan melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual kepada siswa kelas VII SMP Negeri Bandar sangat mempengaruhi pemahaman dan pemecahan masalah matematika.

References

Haryani, D. (2011). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN

PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional

Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 121-126.

Kadir, A. (2013). KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH. Dinamika Ilmu, 17-38. Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Set, Y. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING. Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 150-160.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN

MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

(GENERATIVE LEARNING) DI SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 166-175.

Rambe Arjuna Yahdil Fauza , A. Y., & Afri, L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. AXIOM JURNAL PENDIDIKAN & MATEMATIKA, 175-187.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 148

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Melasevix, E., Asnawi, H. A., Alami, J. J. N., Masynuah, I. H., Putra, R. A. N., & Darmadi, D. (2021). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma’arif Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 117–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>