Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1804Keywords:
Kesulitan, Matematika, Daring.Abstract
Pandemi COVID-19 berlangsung sejak Maret 2020 yang berdampak di berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Selama masa pandemi sistem pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran dirumah atau daring. Pada saat pembelajaran daring banyak siswa mengalami kesulitan dan kendala dalam proses pelaksanaannya, khususnya di mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring pada tingkatan siswa sekolah menengah pertama (SMP). Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey angket online yang disebarkan melalui WhatsApp. Berdasarkan hasil analisis angket online dapat disimpulkan bahwa siswa mampu menggunakan media pembelajaran dengan baik namun kendala umum yang dialami siswa yaitu kurang memadainya jaringan internet yang mengakibatkan siswa kurang maksimal dalam pembelajaran matematika berbasis daring. Kendala lain dalam proses pembelajaran daring yaitu siswa sering merasa bosan, penjelasan guru sulit dipahami serta soal matematika yang diberikan sulit yang mengakibatkan siswa tidak mandiri dalam mengerjakan tugas dan siswa mengikuti les tambahan matematika agar lebih mudah memahami materi. Kata Kunci: Kesulitan, matematika, daring.References
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123–133. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Smk Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.59
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Jatmiko. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Math Educator Nusantara, 01(02), 205–213. file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/237-49-620-1-10-20160204.pd
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mila Masruroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).