Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD

Authors

  • Sonya Helena Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14553

Abstract

Penelitian ini bermula ketika kesenjangan kondisi yang peneliti temukan         dilapangan, bahwasanya guru masih memakai LKPD yang bersifat sederhana dan belum melaksanakan pengembangan LKPD dengan memanfaatkan teknologi serta menyesuaikan dengan model pembelajaran. Studi ini bermaksud untuk menciptakan LKPD yang  memanfaatkan teknologi dengan memakai aplikasi Lectora Inspire berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis.  Pengembangan LKPD ini memakai lima langkah prosedur studi desain serta pengembangan, yakni Analysis, Design, Depelopment, Implementation dan Evaluation ataupun yang dikenal dengan (ADDIE). Lembar kerja yang dikembangkan dievaluasi di kelas IV di SDN 16 Tarok Dipo dan SDN 08 Tarok Dipo untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya. Temuan studi dari LKPD yang dikembangkan menghasilkan rata-rata tingkat validasi sebesar 3,66 dan proporsi sebesar 91,64% untuk kategori valid. Hasil uji pragmatisme dianggap praktis berlandaskan hasil respon guru sebesar 90% dan hasil respon siswa sebesar 91,46%. Hasil uji efektivitas mendapatkan presentase nilai 91,95% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Helena, . S. ., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5634–5640. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14553