Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate di Kelas IV SD

Authors

  • Sandra Defi Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14322

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan bervariasi yang hanya memuat gambar dan tulisan saja. Bahan ajar yang tersedia disekolah masih dalam bentuk cetak, tampilannya yang kurang menarik dan kurang bervariasi membuat peserta didik menjadi cepat bosan sehingga motivasi belajar peserta didik kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pada materi keberagaman budaya Indonesia menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate di kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evoluation). Bahan ajar yang dibuat kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa. Untuk praktikaitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik.  Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 28 orang peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan di kelas IV SDN 16 Padang Besi. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang memiliki tingkat validitas materi 95% dengan kategori sangat valid, validitas media 92,5% dengan kategori sangat valid, dan validitas bahasa 92,85% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru 89,29% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket peserta didik 90% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Defi, S. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5111–5116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14322