Karakteristik Inovasi, Hakikat Inovasi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningktakan Motivasi Belajar Siswa SDN 52 Kota Bengkulu

Authors

  • Diana Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Dinda Putri Arini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13625

Abstract

Inovasi dan metode pembelajaran yang dilakukan guru dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa agar tujuan pembelajaran tercapai agar pelajaran pendidikan agama islam dapat memenuhi tuntutan masyarakat serta pembangunan bangsa disegala bidang. Inovasi pendidikan meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif (descriptive research) pada umumnya bersifat memaparkan hasil penelitian dan variabel-variabel di dalam penelitian secara akurat. Instrumen yang digunakan tentang Karakteristik Inovasi, Hakikat Inovsi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada  siswa dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. fakta di lapangan belum menunjukan hasil yang memuaskan. Dalam menerapkan model pembelajaran inovatif guru masih menemukan kendala dan kesulitan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, secara umum kesulitan yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif adalah kekurangan dan keterbatasan sarana dan prasarana, dalam menggunakan media pembelajaran seperti infokus, guru harus bergantian dengan guru lain, sehingga waktu yang tersedia sangat kurang.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Sari, D. ., Arini, D. P. ., & Amin, A. . (2023). Karakteristik Inovasi, Hakikat Inovasi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningktakan Motivasi Belajar Siswa SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2555–2558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13625

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2