Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MI. Nurul Huda Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6933Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV MI. Nurul Huda Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar PAI, gejala-gejala yang ditemukan dari 33 siswa antara lain; 1) sebanyak 17 siswa atau 52 % belum menunjukan adanya gairah dalam belajar, cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya, hal ini telihat dari kegiatan siswa yang sibuk dengan kegiatan masing-masing seperti melamun, bercerita dengan teman sebangku, 2) saat pembelajaran berlangsung siswa terkesan sulit memahami dan menjawab materi yang disampaikan guru dan kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaranJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model pambelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, yaitu pada bulan September. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu yang terdidri dari 33 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianlisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi siswa sebelum diadakan tindakan 53,4 % Setelah diadakan tindakan siklus pertama angka berubah naik menjadi 61,7 % kemudian pada siklus kedua mengalami kenaikan menjadi 70,1 % dan pada siklus ketiga motivasi belajar peserta didik juga mengalami kenaikan menjadi 83 %, ini berarti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu.Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Wulandari, . T. ., Nurbika, D. ., & Amin, A. . (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MI. Nurul Huda Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2205–2212. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6933
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tri Wulandari, Deka Nurbika, Alfauzan Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).