Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MI. Nurul Huda Kota Bengkulu

Authors

  • Tri Wulandari Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Deka Nurbika Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6933

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV MI. Nurul Huda Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar PAI, gejala-gejala yang ditemukan dari 33 siswa antara lain; 1) sebanyak 17 siswa atau 52 % belum menunjukan adanya  gairah dalam belajar, cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya, hal ini telihat dari kegiatan siswa yang sibuk dengan kegiatan masing-masing seperti melamun, bercerita dengan teman sebangku, 2) saat pembelajaran berlangsung siswa terkesan sulit memahami dan menjawab materi yang disampaikan guru dan kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaranJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model pambelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, yaitu pada bulan September. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu yang terdidri dari 33 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianlisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi siswa sebelum diadakan tindakan 53,4 % Setelah diadakan tindakan siklus pertama angka berubah naik menjadi 61,7 % kemudian pada siklus kedua mengalami kenaikan menjadi 70,1 % dan pada siklus ketiga motivasi belajar peserta didik juga mengalami kenaikan menjadi 83 %, ini berarti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Wulandari, . T. ., Nurbika, D. ., & Amin, A. . (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MI. Nurul Huda Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2205–2212. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6933

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>