Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Pasca Sistem Belajar Daring Di SMAN 6 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7190Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation dalam pembelajaran PAI sebagai upaya untuk menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI pasca sistem belajar daring sejak tahun ajaran 2020/2021 sampai dengan tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang dilakukan yakni penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA A SMAN 6 Kota Bengkulu yang terdiri dari 35 siswa/siswi. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran PAI dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pasca sistem belajar daring. Hal ini dapat dibuktikan meningkatnya keaktifan siswa mulai dari prasiklus dengan data 2,08 dengan kategori kurang aktif, siklus pertama 2,58 mengalami peningkatan dari sebelumnya walaupun dengan kategori yang sama, dan siklus kedua 3,81 dengan kategori cukup aktif mendekati aktif.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Jayanti, S., Fauzi, . I. ., & Amin, A. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Pasca Sistem Belajar Daring Di SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3895–3906. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7190
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Suci Jayanti, Isman Fauzi, Alfauzan Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).