Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 38 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6921Abstract
Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya menciptakan siswa Aktif di SDN 38 Kota Bengkulu dengan tujuan yang akan di capai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelaksanaan pembelajaran Guru PAI dalam menciptakan siswa aktif di SDN 38. Kota Bengkulu dan kendala yang di hadapi guru pai dalam upaya menciptakan siswa aktif. Penelitian dilatar belakangi oleh realitas aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas hanya terjadwal dengan tiga jam mata pelajaran setiap mimggunya pada sekolah umum SDN 38 Kota Bengkulu, Mengingat waktu yang sangat minim dan komponen materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermacam-macam tujuan dan fungsinya,maka guru membuat perancanaan pembelajaran dengan matang agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan menyenangkan.Namun dalam proses belajar mengajar dikelas sering ditemui sikap atau tingkah laku siswa yang dapat mengganggu selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab bagaimana menejemen pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 38 Kota Bengkulu.Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui proses menejemen pembelajaran guru pendidikan agama islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 38 Kota Bengkulu. Dengan hasil penelitian , Masalah-masalah yang terjadi di dalam menejemen kelas yang dihadapi oleh guru PAI dalam mengelolaan kelas adalah seran dan prasarana yang kurang memadai, siswa yang sulit diatur dan juga siswa yang tidak disiplin. Berdasarkan data yang yang terkumpul dan analisis yang penulis lakukan secara cermat, makadapat diambil kesimpulan bahwa, Menejemen kelas pada pembelajaran PAI di SDN 38 Kota Bengkulu sudah berjalan baik meskipun masi banyak kendalah yang dihadapi oleh guru. Hal ini peneliti bisa simpulkan melalui data-data yang peneliti dapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dimana dalam pelaksaan menejemen kelas pada pelajaran PAI di SD N 38 Kota Bengkulu. Sudah berupayah sebaik mungkin melaksanakan menejemen kelas.Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Amin, A. ., Fadilah, . E. S., & Rantio, G. . (2022). Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 38 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6921
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alfauzan Amin, Erwin Subly Fadilah, Gusti Rantio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).