Analisis Nilai Religius Melalui Pembiasaan Karakter Pada Peserta Didik Kelas 1 Di SDN Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Alvin Nor Maulida Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Novemy Kanitri 4SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13031

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis nilai religius melalui pembiasaan karakter pada peserta didik kelas 1 di SDN Pedurungan Kidul 01. Tujuan penelitian ini menerapkan nilai religius melalui pembiasaan karakter yang diterapkan pada peserta didik kelas 1 di SDN Pedurungan Kidul 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif menggunakan analisis data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1. Penelitian ini menghasilkan penanaman nilai religius melalui pembiasaan karakter di kelas 1 yang dikaitakan dengan kurikulum merdeka pada penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang dikaitkan dengan berbagi makanan pada lingkungan sekitar. Berbagi makanan di lingkungan kelas dilakukan dengan meminjami teman dan guru yang membutuhkan bantuan. Nilai religius terlihat dalam datang ke sekolah bersalaman dengan guru yang berada disamping gerbang dan pembacaan asmaul husna setiap pagi. Berbagi makanan diberikan kepada masyarakat sekitar. Peserta didik kelas 1 membawa makanan dari rumah untuk dibagikan kepada masayarakat dan pengendara sepeda motor dan mobil. Adapun indikator nilai religius yaitu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, bersedekah, menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan menjalin pertemenan dan berbuat baik kepada sesama.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Maulida, A. N. ., Untari , M. F. A. ., Siswanto, J. ., & Kanitri, N. . (2023). Analisis Nilai Religius Melalui Pembiasaan Karakter Pada Peserta Didik Kelas 1 Di SDN Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1087–1091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13031

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>