Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11643Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, e-book, jurnal ilmiah, berita dan lain sebagainya. Pengujian validitas data menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran tatap muka terbatas dialami oleh guru maupun siswa dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Beberapa problematika pembelajaran tatap muka terbatas diantaranya keterbatasan menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam penggunaan perangkat pembelajaran yang meliputi keterbatasan waktu dan kesulitan guru dalam merealisasikan RPP. Problematika penyampaian materi yang meliputi tidak adanya media pembelajaran, kemasalasan siswa dalam membaca, kesulitan siswa dalam membedakan teks narasi dengan fabel. Problematika pengelolaan kelas yang meliputi anggapan siswa bahwa guru galak, cara mengajar yang susah dipahami, dan kesulitan guru dalam mengondisikan kelas serta membedakan siswa yang sudah paham dan belum paham. Upaya guru dalam mengatasi problematika yang terjadi selama proses pembelajaran adalah perbaikan RPP serta cara mengajar dengan menambahkan media dan lebih memperhatikan kebutuhan siswa.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Sitohang, T. ., Manurung, R. ., Harianja, A. H. ., & Sihotang, W. A. . (2023). Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3976–3988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11643
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tigor Sitohang, Rolan Manurung, Anelia Histi Harianja, Winri A Sihotang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).