Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rolan Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Anelia Histi Harianja Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Winri A Sihotang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11643

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran tatap muka terbatas  terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, e-book, jurnal ilmiah, berita dan lain  sebagainya. Pengujian validitas data menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran tatap muka terbatas dialami oleh guru maupun siswa dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Beberapa problematika pembelajaran tatap muka terbatas  diantaranya keterbatasan menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam  penggunaan perangkat pembelajaran yang meliputi keterbatasan waktu dan  kesulitan guru dalam merealisasikan RPP. Problematika penyampaian materi yang meliputi tidak adanya media pembelajaran, kemasalasan siswa dalam membaca, kesulitan siswa dalam membedakan teks narasi dengan fabel. Problematika pengelolaan kelas yang meliputi anggapan siswa bahwa guru galak, cara mengajar yang susah dipahami, dan kesulitan guru dalam mengondisikan kelas serta  membedakan siswa yang sudah paham dan belum paham. Upaya guru dalam mengatasi problematika yang terjadi selama proses  pembelajaran adalah perbaikan RPP serta cara mengajar dengan menambahkan media dan lebih memperhatikan kebutuhan siswa.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Sitohang, T. ., Manurung, R. ., Harianja, A. H. ., & Sihotang, W. A. . (2023). Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3976–3988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11643

Most read articles by the same author(s)