Pengaruh Penggunan Metode Chain Writting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Siswi Kelas IX di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan

Authors

  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dedi Agustiawan Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19160

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX sebelum menggunakan metode chain writting di UPT SMP Negeri 37 Medan. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX sesudah menggunakan metode chain writting di UPT SMP Negeri 37 Medan. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode chain writting terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX di sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan tahuun pembelajaran 2023/202 berjumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling sederhana, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen posstest-only design untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks pidato dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks pidato di kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan menggunakan metode chain writting diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 84 dengan rata-rata 52,26 pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 92 dengan rata-rata 72,55, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 5,4867 dan ttabel= 2,0198, dengan taraf signifikan 5% = 2.0198 menuju thitung > ttabel atau 5,4867 >2,0198 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode chain writting terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan Kata Kunci: Metode Chain Writting, Kemampuan Menulis, Teks Pidato.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Simanjuntak , H., Lumban Gaol , D. A. ., & Sitohang , T. . (2023). Pengaruh Penggunan Metode Chain Writting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Siswi Kelas IX di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 90–95. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19160

Most read articles by the same author(s)