Pengaruh Penggunaan Media Video Tiktok Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa/I Kelas XI SMK Negeri 1 Palipi Tahun Pembelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14333Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa/i kelas XI SMK Negeri 1 Palipi Tahun pembelajaran 2022/2023 Tanpa menngunakan media video tiktok. Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh Siswa/I Kelas XI Smk Negeri 1 Palipi Tahun Pembelajaran 2022/2023 berjumlah 214 siswa. Dengan menggunakan pendapat yang dikemukakan oleh Arikunto (2010:112), “jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semuanya, jika subjeknya besar atau lebih dari 100 orang dapat diambil 10-15% atau 15-20% atau lebih”. Berhubung karna jumlah subjek sebanyak 214 orang (Dua Ratus Empatbelas) orang, maka peneliti memutuskan untuk memilih salah satu ruangan kelas sebagai sampel penelitian yaitu Teknik Pemesinan 2 atau TP2 penelitian ini menggunakan desain ekperimen posttes-only desaign.untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks Prosedur dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks prosedur di kelas TP2 SMK Negeri 1Palipi menggunakan media video tiktok diperoleh skor terendah 51 dan skor tertinggi 93 dengan rata-rata 75,54 .Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Berdasarkan tabel tersebut dapat diperoleh LHitung=-0.0808 dan LTabel diperoleh dari tabel kritis L uji hipotesis dengan N =31, dan ?=0,05 diperoleh LTabel=-0.1593. Setelah dibandingkan LHitung<LTabel atau 0.0093 <0.1593 maka dapat disimpulkan bahwa data pretest berdistribusi normal.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tiktok berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur kelas XI SMK N 1 Palipi 2022/2023.Downloads
Published
2023-04-28
How to Cite
Sinaga , B. ., Bangun , K. ., & Sitohang , T. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Tiktok Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa/I Kelas XI SMK Negeri 1 Palipi Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5269–5280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14333
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Bernike Sinaga , Kartini Bangun , Tigor Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).