Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19162Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan metode konvensional. alau bUntuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan model pembelajaran SQ4R. Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, TA 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata-rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (h?) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024. Kata Kunci: metode Pembelajaran SQ4R, Kemampuan Membaca, Pemahaman TeksDownloads
Published
2023-10-09
How to Cite
Gurning , M. R. . B., Sitohang , T. ., & S, M. F. . (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 36–44. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19162
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maria Rahayu Br Gurning , Tigor Sitohang , Monalisa Frince S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).