Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Authors

  • Maria Rahayu Br Gurning Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Monalisa Frince S Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19162

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan metode konvensional. alau bUntuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan model pembelajaran SQ4R. Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan  Kabupaten  Labuhanbatu Selatan, TA 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.  Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata-rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (h?) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024. Kata Kunci: metode Pembelajaran SQ4R, Kemampuan Membaca, Pemahaman Teks

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Gurning , M. R. . B., Sitohang , T. ., & S, M. F. . (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 36–44. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19162

Most read articles by the same author(s)