Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD 173408 Dolok Sanggul

Authors

  • Rolan Manurung Universitas HKBP Nommensen
  • Jernih Martha Banjar Nahor Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kampus mengajar untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di Sekolah Dasar. Kampus Mengajar merupakan bagian dari program kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk membantu sekolah yang terdampak Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sangatlah rendah. Literasi dan numerasi  merupakan kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menganalisis suatu bacaan maupun angka dalam berbagai konteks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengabdian kepada masyarakat. Manfaat kegiatan ini adalah peserta didik dapat mengaplikasikan konsep matematika yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, membantu peserta didik membiasakan mengerjakan soal-soal literasi dan numerasi dan menumbuhkan minat baca para peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi , wawancara dan mengajar untuk mengumpulkan data kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat perubahan dan dampak yang baik bagi peserta didik, guru maupun sekolah seperti meningkatnya kualitas kemampuan membaca peserta didik, meningkatnya kemampuan numerasi peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Manurung, R. ., & Nahor, J. M. B. . (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD 173408 Dolok Sanggul . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13114–13117. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10720