The Relationship between the Use of the Kahoot Application and Mathematics Learning Outcomes in the Online Learning Process for Elementary School Students

Authors

  • Dita Prihatna Wati Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Iqbal Aproyanto Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Sartika Ayu Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar melalui penggunaan aplikasi Kahoot dalam proses pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-korelasi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas III SDN Tengah 03 Pagi. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu penggunaan aplikasi Kahoot (X) dan hasil belajar matematika (Y). Selanjutnya, peneliti yang digunakan adalah one-group posttest-only design. Hasil penelitian mengenai proses pembelajaran online menggunakan aplikasi Kahoot menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dan penggunaan aplikasi Kahoot dalam proses pembelajaran online saling berhubungan. Dengan kata lain, penggunaan aplikasi Kahoot memiliki hubungan dengan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar dalam proses pembelajaran online. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,375, sedangkan r_tabel dengan tingkat signifikansi 5% adalah 0,361. Artinya r_hitung > r_tabel (0,375 > 0,361) dengan p-value yang diperoleh 0,021 (< 0,05).

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Wati, D. P. ., Fatayan, A. ., Aproyanto, I. ., & Ayu, S. . (2023). The Relationship between the Use of the Kahoot Application and Mathematics Learning Outcomes in the Online Learning Process for Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1554–1558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11170