Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5628Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental Design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa, yaitu kelas IV-A berjumlah 30 siswa dan kelas IV-B berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Poin Biserial dengan 25 soal valid dari 35 soal yang diujikan berupa soal pilihan ganda. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20 diperoleh rhitung 0,918 > rtabel 0,361. Maka, data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas menggunakan rumus Uji Liliefors. Hasil perhitungan uji normalitas di kelas eksperimen diperoleh Lhitung ? Ltabel, yaitu 0,1127 ? 0,1610 dan hasil perhitungan uji normalitas di kelas kontrol diperoleh Lhitung ? Ltabel, yaitu 0,1116 ? 0,1610, maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi normal. Sedangkan hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan rumus Uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel, yaitu 1,3319 < 1,85, maka, dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji Hipotesis penelitian ini menggunakan rumus Uji-t dan diperoleh thitung = 5,83 dengan ttabel= 2,000 pada ? = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh metode pembelaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi.Downloads
Published
2022-07-24
How to Cite
Siti Nurhaliza Juliana, & Fatayan, A. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1899–1907. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5628
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurhaliza Juliana, Arum Fatayan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).