Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi

Authors

  • Siti Nurhaliza Juliana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental Design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa, yaitu kelas IV-A berjumlah 30 siswa dan kelas IV-B berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Poin Biserial dengan 25 soal valid dari 35 soal yang diujikan berupa soal pilihan ganda. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20 diperoleh rhitung 0,918 > rtabel 0,361. Maka, data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas menggunakan rumus Uji Liliefors. Hasil perhitungan uji normalitas di kelas eksperimen diperoleh Lhitung ? Ltabel, yaitu 0,1127 ? 0,1610 dan hasil perhitungan uji normalitas di kelas kontrol diperoleh Lhitung ? Ltabel, yaitu 0,1116 ? 0,1610, maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi normal. Sedangkan hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan rumus Uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel, yaitu 1,3319 < 1,85, maka, dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji Hipotesis penelitian ini menggunakan rumus Uji-t dan diperoleh thitung = 5,83 dengan ttabel= 2,000 pada ? = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh metode pembelaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi.

Downloads

Published

2022-07-24

How to Cite

Siti Nurhaliza Juliana, & Fatayan, A. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Berbasis Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Johar Baru 09 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1899–1907. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5628