Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Muhammadiyah 3 Matraman

Authors

  • Mohamad Dava Fauzan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5816

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat mengetahui: Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Muhammadiyah 3 Matraman  tahun pelajaran 2022-2023.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan atau narasumber dalam penelitian ini merupakan ketua sekolah, guru, karyawan, dan komite sekolah pada SD Muhammadiyah 3 Matraman  . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini merupakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data yang terdapat pada triangulasi teknik dan triangulasi asal. Analisis data dalam penelitian ini menurut (Miles dan Huberman, 2009: 20) yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun manajemen komponen sekolah menjadi berikut: manajemen kurikulum dan program pengajaran,manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan serta pembiayaan, manajemen sarana serta prasarana pendidikan, manajemen hubungan sekolah menggunakan warga , serta manajemen layanan khusus (manajemen perpustakaan, manajemen kesehatan (UKS), dan manajemen keamanan sekolah).

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Fauzan, . M. D. ., & Fatayan, A. . (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Muhammadiyah 3 Matraman . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2439–2444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5816