Analisis Metode Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam

Authors

  • Diah Perwitasari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pengelolaan metode belajar mandiri bagi warga belajar program kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik sampling purposive digunakan untuk menentukan subyek penelitian yang terdiri dari 2 orang tutor dan 4 orang warga belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga belajar belum sepenuhnya dilibatkan dalam tahap perencanaan pembelajaran dan tujuan pembelajaran masih berfokus pada pengembangan kompetensi pengetahuan. Pelaksanaan metode pembelajaran mandiri juga masih belum berhasil sepenuhnya karena warga belajar masih memiliki pemahaman yang keliru mengenai makna belajar mandiri yang sesungguhnya. Evaluasi berupa post test yang dilakukan ternyata hanya mampu mengukur perkembangan aspek kognitif dan belum menyentuh aspek-aspek perkembangan lainnya serta kendala-kendala yang dihadapi selama proses belajar mandiri guna perbaikan ke arah pengembangan yang lebih baik.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Perwitasari, D. ., & Fatayan, A. . (2022). Analisis Metode Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2556–2560. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5839