Improving Social Studies Learning Outcomes On Cultural Diversity Materials In Indonesia Through IV Grade Demonstration Methods In Elementary School Students

Authors

  • Dita Prihatna Wati Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Rusly Astuti Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13600

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi keanekaragaman budaya di Indonesia dengan menggunakan metode Demonstrasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah 32 siswa kelas 4. Penelitian ini menggunakan Kemmis dan Mc. model. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. , setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Masing – masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Ketuntasan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa menurut standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Terdapat 47% yaitu 15 orang sesuai standar KKM sehingga masih dalam kriteria kurang baik. Pada siklus I meningkat menjadi 75% yaitu 24 orang menjadi kriteria cukup baik dan pada siklus II mencapai 94% yaitu 30 orang sehingga mencapai kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keanekaragaman Budaya di Indonesia dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Published

2023-04-02

How to Cite

Wati, D. P. ., Fatayan, A. ., & Astuti, R. . (2023). Improving Social Studies Learning Outcomes On Cultural Diversity Materials In Indonesia Through IV Grade Demonstration Methods In Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2481–2484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13600