Analisis Dampak Pendidikan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Terbit di Sekolah Dasar

Authors

  • Ratna Wulan Vidianingrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5322

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini ialah, bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan dan tata tertib siswa dalam lingkungan sekolah atau keluarga. Subjek dari penelitian ini ialah siswa-siswi kelas III MI Albaliyah, Cibinong, Kota Bogor yang berjumlah 15 orang. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan beberapa cara seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini dianalisiskan menggunakan Teknik ananlisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kemudian hasil dari penelitian ini adalah, peneliti menemukan bahwa kondisi lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap kepatuhan siswa di sekolah, hal ini dikarenakan siswa yang memiliki lingkungan keluarga yang baik sudah terbiasa mengikuti dan menaati peraturan yang ada di rumah. Siswa dengan kondisi lingkungan keluarga yang baik juga lebih mudah diberikan arahan untuk mematuhi peraturan dan tata tertib di sekolah dibandingkan dengan siswa yang berada di lingkungan keluarga yang kurang baik.

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Vidianingrum, R. W. ., & Fatayan, A. . (2022). Analisis Dampak Pendidikan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Terbit di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 772–779. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5322