Pentingnya Penerapan Kode Etik Sebagai Guru Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Disiplin Siswa Dalam Penggunaan Perpustakaan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10654Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan kode etik sebagai guru perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca dan disiplin siswa dalam penggunaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di sebuah SMP IT Islamia Tambun Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan guru perpustakaan, observasi terhadap kegiatan di perpustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kode etik sebagai guru perpustakaan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan minat membaca dan disiplin siswa dalam penggunaan perpustakaan sekolah. Guru perpustakaan yang menghargai dan menghayati kode etiknya sebagai guru dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa, sehingga siswa terdorong untuk membaca dan memahami pentingnya tata tertib di perpustakaan. Selain itu, guru perpustakaan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dengan memberikan rekomendasi buku-buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Kode etik sebagai guru perpustakaan juga membantu dalam menjaga kebersihan dan keamanan perpustakaan, sehingga siswa merasa nyaman dan terdorong untuk terus menggunakan perpustakaan.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Syarifah, R. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Pentingnya Penerapan Kode Etik Sebagai Guru Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Disiplin Siswa Dalam Penggunaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12922–12928. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10654
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rafi Syarifah, Astuti Darmiyanti, Saprialman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).