Implementasi Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Moral Dan Etis di Lembaga Pendidikan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10818Abstract
Kode etik kepala sekolah merupakan seperangkat aturan dan tata cara yang harus dipatuhi oleh kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya. Implementasi kode etik tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidik melalui pendekatan moral dan etis di lembaga pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kode etik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik melalui pendekatan moral dan etis di lembaga pendidikan menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kode etik kepala sekolah telah memberikan dampak positif terhadap kinerja tenaga pendidik di lembaga pendidikan menengah. Tenaga pendidik terlihat lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya, serta terlihat adanya peningkatan motivasi dan komitmen dalam bekerja. Selain itu, terlihat juga adanya peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada siswa dan masyarakat. Dengan demikian, implementasi kode etik kepala sekolah merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik melalui pendekatan moral dan etis di lembaga pendidikan menengah.Downloads
Published
2023-01-01
How to Cite
Qois, . N. A. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2023). Implementasi Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Moral Dan Etis di Lembaga Pendidikan Menengah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6–11. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nabil Ahmad Qois, Astuti Darmiyanti, Saprialman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).