Hubungan Etika Profesi Tenaga Kependidikan Dengan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kualitas Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10615Abstract
Etika profesi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kegiatan kependidikan, khususnya bagi tenaga kependidikan seperti guru. Etika profesi yang baik akan mempengaruhi kompetensi guru dalam mengembangkan kualitas lulusan pada lembaga pendidikan Islam. Melalui etika profesi yang terpuji, guru akan lebih mampu menyampaikan materi pelajaran dengan baik, memberikan bimbingan dan arahan yang tepat sesuai dengan kompetensinya, serta memperlakukan siswa dengan adil dan tidak diskriminatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etika profesi tenaga kependidikan dengan kompetensi guru dalam pengembangan kualitas lulusan pada lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika profesi tenaga kependidikan memegang peranan penting dalam pengembangan kualitas lulusan di lembaga pendidikan Islam. Guru dengan kompetensi yang tinggi juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas lulusan. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasi etika profesi dan kompetensi guru, seperti kurangnya sosialisasi dan pemahaman tentang etika profesi, serta keterbatasan dana dan sarana untuk meningkatkan kompetensi guru. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang etika profesi serta menyediakan dana dan sarana yang memadai untuk meningkatkan kompetensi guru.Downloads
Published
2022-12-24
How to Cite
Akmaliah, K. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Hubungan Etika Profesi Tenaga Kependidikan Dengan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kualitas Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12766–12771. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10615
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kholilatul Akmaliah, Astuti Darmiyanti, Saprialman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).