Pentingnya Penerapan Kode Etik Sebagai Guru Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Disiplin Siswa Dalam Penggunaan Perpustakaan Sekolah

Authors

  • Rafi Syarifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Saprialman Saprialman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan kode etik sebagai guru perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca dan disiplin siswa dalam penggunaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di sebuah SMP IT Islamia Tambun Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan guru perpustakaan, observasi terhadap kegiatan di perpustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kode etik sebagai guru perpustakaan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan minat membaca dan disiplin siswa dalam penggunaan perpustakaan sekolah. Guru perpustakaan yang menghargai dan menghayati kode etiknya sebagai guru dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa, sehingga siswa terdorong untuk membaca dan memahami pentingnya tata tertib di perpustakaan. Selain itu, guru perpustakaan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dengan memberikan rekomendasi buku-buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Kode etik sebagai guru perpustakaan juga membantu dalam menjaga kebersihan dan keamanan perpustakaan, sehingga siswa merasa nyaman dan terdorong untuk terus menggunakan perpustakaan.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Syarifah, R. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Pentingnya Penerapan Kode Etik Sebagai Guru Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Disiplin Siswa Dalam Penggunaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12922–12928. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10654

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2